Mengenal lebih Jauh tentang kain satin

, , Leave a comment

Mengenal lebih Jauh tentang kain satinHijaf.com, Mengenal lebih Jauh tentang kain satin – Apa itu satin? Satin adalah Jenis kain yang mempunyai keunikan tersendiri, sama dengan halnya seperti kain crepe, Dimana crepe yang mempunyai keunikan tersendiri yang terdapat pada permukaan kain nya seperti berpasir, berkerikil, atau seperti berkerut. Nah kalau pada kain satin ini keunikannya adalah permukaan kainya yang halus, lembut, dan tampak berkilau atau berkilap dan glossy.

Sebenarnya informasi seputar kain satin tidak hanya terbatas dari permukaannya yang halus, berkilap atau berkilau saja, tapi ada informasi penting lainya seperti darimana asal nama satin itu sampai bagaimana peroses pembuatan nya.

Dari mana ostilah satin ini berasal

Untuk sahabat yang belum tahu istilah “satin” perlu di ketahui dulu bahwa satin bukanlah jenis serat atau fiber, tapi satin adalah sebuah metoda membuat kain . Istilah satin tersebut sebenarnya di ambil dari metode bagaimana kain ini dibuat atau ditenun, yaitu teknik satin ( satin weave ).

Teknik tenun satin adalah sebuah metode menenun guna mendapatkan permukaan kain yang glossy atau berkilap, berkilau sehingga tampak bercahaya, tapi tampak kusam di bagian belakangnya. Meski ada juga kain satin yang mempunyai 2 sisi yang berkilap , Yang mana di kenal dengan istilah Double faced satin baric.

Satin biasanya terbuat dari jenis serat filame seperti sutra ( silk ), nilon. Namun banyak banyak yang menganggap kain satin yang terbuat dari polyester itu terlalu mengkilap dan licin.

Proses pembuatan kain satin atau satin pabrik

Seperti Yang sudah kita singgung sedikit di awal, proses pembuatan kain satin ini di lakukan dengan teknik tenun bernama “satin weave” atau teknik tenun satin.

Nah untuk memahami hal tersebut ada yang perlu kita pahami dulu, Yaitu memahami bahwa kain itu di bentuk oleh 2 jalur benang yang bersilang, yangmana dikenal dengan istilah warp dan weft atau di indonesa dikenal dengan benang pakan dan benang lusi.

 

Leave a Reply